27.1.09

Sambungan... WarnaKu PribadiKu

Kita teruskan ya.. soal warna lagi. Tanpa disadari kita hidup memang selalu dikelilingi warna, bukan hanya untuk pakaian, 'make up' wajah, mata, rambut, tapi juga asesoris lainnya, misalnya ; tas, sepatu, ikat pinggang, bando, gelang, dll. Bahkan kita berada di ruangan; perabotan rumahtangga, buku, mobil, semuanya penuh warna di sekeliling kita. Kadangkala kita sering tanpa sadar mengomentari sesuatu karena janggal dilihat perpaduan warnanya, sehingga kita suka bilang : ih... kok nggak mecing ya... (mecing : asal kata dari "mich and match", dibahasagaulkan jadi mecing... ha ha ha). Dan kita sering pula asal ikut-ikutan, kalau lagi 'trend' warna 'pink' (karena valentine)semua orang (tua muda, bayi, anak-anak, terutama remaja) mau malammingguan 'berpink ria'.... di kampus, di mall apalagi.. wonge bajune pink kabeh.... ha ha ha, nggak mikir lagi kalau sebenarnya ada yang nggak cocok dengan warna kulit kita.... uaduuh... (pink itu cocoknya untuk orang yang memiliki kulit dengan nada 'cool'), siapa si 'cool'? dan bagaimana dong menyiasatinya agar kita bisa ikut pakai 'pink'....?

Menyerasikan Warna dengan Pakaian

Cara yang paling mudah adalah lihat warna rambut dan wajah kita, lalu tempelkan bahan atau baju berwarna, coba lihat dan bandingkan, warna mana yang paling senada dan bisa menyatu antara keduanya, kalau belum pas ulangi lagi... terus begitu, sampai kita bisa menemukannya. contoh: warna untuk kulit nada hangat:jingga (warna lembayung),hijau yang mengandung unsur kuning seperti hijau pupus, cokelat yang keabu-abuan, merah bata.
Bagi kulit dengan nada sejuk (cool), warnanya cenderung : pink, hitam, abu-abu, hijau toska, ungu, atau pink fuchsia.

Macam-macam Kategori Kulit serta warna yang serasi untuk dipadukan.

Warna kulit : putih gading (ivory), pink kekuningan, kuning langsat, beige (agak kuning)
Rambutnya : cokelat agak pirang (cokelat muda), cokelat kemerahan, cokelat agak oranye
Paduan ini menciptakan kontras terang, kesannya : hangat, ringan dan terang
Warna busana yang cocok : harus terang, ringan
Warna netralnya : cokelat, biru 'navy' terang, hijau zaitun, warna camel (cokelat kekuningan), 'beige', 'ivory', off white (putih gading).
Warna aksennya: warna coral, hijau pastel, oranye mirip buah 'peach'.
Rumusnya : makin gelap warna kulitnya, maka makin tua juga warnanya.
Contohnya:
  • warna hijau zaitun + merah koral (atau 'peach'),
  • cokelat dengan kuning lembut
  • abu-abu kecokelatan ('taupe') dengan oranye lembut ('apricot'),
Pelengkap busananya (tas, sepatu, ikat pinggang) : cocok warna yang netral (cokelat, 'beige', hijau zaitun, dan putih gading.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar